Presiden SBY kunjungi korban gempa di Aceh

Diposkan oleh riki jawak on July 10, 2013

Jakarta : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini akan mengunjungi korban gempa di Aceh.

"Saya ingin berkunjung untuk memastikan bahwa yang diperlukan (korban) dari pemerintah daerah atau pusat telah dipenuhi," ujar SBY dalam pengantar sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/7/2013).

SBY melanjutkan, "Saya setiap hari mendapatkan laporan dan berkomunikasi langsung dengan satuan tugas yang bekerja di lapangan, dan Insya Allah besok saya ke Aceh," ujar SBY.

Sebelum datang, SBY telah mengirim bantuan. "Bantuan dari Presiden dan Panglima TNI sudah kami terima. Sudah datang dari semalam," kata Perwira Seksi Logistik, Letnan Satu Infanteri Alfian YP saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (8/7/2013).



Alfian mengatakan, SBY menyumbang beberapa keperluan untuk para korban gempa. Seperti obat-obatan, tenda pengungsi, dan seragam sekolah. "Presiden juga menyumbang mainan anak-anak," kata Alfian.

Sampai Minggu 7 Juli, tercatat sebanyak 40 orang meninggal akibat gempa ini. Sebanyak 63 orang luka berat masih dirawat di rumah sakit, 2.362 orang rawat jalan, dan pengungsi mencapai 22.125 orang. Kerusakan rumah mencapai 15.919 unit sedangkan 623 unit bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan.

"Total 40 korban meninggal dunia yang berhasil dievakuasi, 63 orang luka berat dirawat di rumah sakit, 20 ribu orang lebih harus mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Dr Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan tertulis di Jakarta, Minggu (7/7/2013).(Yus)

sumber: Liputan6.com