Ikan langka berusia dua abad berhasil tertangkap

Diposkan oleh riki jawak on July 7, 2013



Seorang nelayan bernama Henry Liebman berhasil menangkap seekor Shortraker Rockfish (Sebastes borealis) raksasa di Alaska. Ikan berwarna merah yang berhasil ditangkap oleh Liebman beratnya mencapai hingga 40 pound atau lebih dari 18 kilogram dengan panjang 41 inci atau sekitar 104 sentimeter.
Berat tersebut berhasil mengalahkan rekor ikan terberat di dunia yang sebelumnya dikatakan 35 pound. Hal ini cukup mengesankan, mengingat para ahli telah memastikan bahwa usia ikan ini sudah mencapai 200 tahun. Wikipedia menerangkan bahwa Shortraker Rockfish merupakan jenis ikan yang hidup di lepas pantai. Umumnya, ikan ini memiliki panjang lebih dari 39 inci atau sekitar satu meter dan berat 44 pound atau sekira 20 kilogram. Shortraker Rockfish ini banyak ditemukan di kedalaman laut 300-400 meter.
Menurut berita yang dilansir dari Softpedia, layaknya sebuah pohon yang dapat diketahui usianya melalui lingkaran tahun (annual ring) pada batangnya yang masih menempel di tanah, lingkaran yang terdapat di tulang ikan pun bisa menunjukkan berapa usianya.
Dilihat dari berapa banyaknya lingkaran tahunnya, para ahli menyimpulkan bahwa Shortraker Rockfish ini hidup sejak dua abad yang lalu. Namun untuk diteliti lebih lanjut sampel ikan ini dikirim ke Juneau, Amerika Serikat.

sumber:http://www.talkmen.com/news/read/3944/ikan-langka-berusia-dua-abad-berhasil-tertangkap/