5 Kota Hantu yang Menyeramkan di Dunia

Diposkan oleh Riki handoyo on July 9, 2013

Kota hantu bukan hanya terdapat di sejumlah kota di Indonesia, namun juga banyak terdapat di luar negeri sana. Hal ini mengacu pada tiadanya penduduk yang tinggal, sekalipun fasilitas kota tersebut demikian lengkapnya. Tak perlu heran jika makhluk gaib senang tinggal di dalamnya. Mana saja kota hantu di dunia? Inilah 5 kota tersebut:


1. Bodie, California

 Tempat ini dikenal juga sebagai National Historic Landmark, dimana kota ini sudah tak berpenghuni sejak setengah abad lalu. Padahal sebelumnya kota pertambangan emas ini dihuni sedikitnya 10.000 warga. Namun setelah meletusnya kerusuhan perebutan lahan dan berkurangnya produktivitas tambang, semua penduduknya pergi. Terdapat banyak misteri di dalamnya. Saat ini Bodie dikelola oleh California State Parks, di dalamnya ada  museum serta wisata hantu.


2. Pulau Hashima, Jepang 

 Setelah menjadi kota pertambangan utama di Jepang, Pulau Hashima kemudian menjadi pulau hantu setelah permintaan tambang menurun di tahun 1960 dan mengakibatkan eksodus 5.000 pegawai di pulau itu. Pertambangan sempat diaktifkan setelah pemerintah Jepang  merekrut buruh dari China dan Korea, namun mereka juga eksodus sejak pada tahun 1974. Itu membuat rumah karyawan di pulau tersebut, yang dibangun sejak tahun 1916, menjadi kosong melompong dan menakutkan.


3. Centralia, Pennsylvania

 
Batubara kembali menjadi penyebab kosongnya sebuah kota. Kali ini di Centralia, Pennsylvania, yang mengalami ledakan hebat akibat proses pertambangan di tahun 1962. Celakanya, abu tambang itu masuk sebuah terowongan tua yang membuat kebakaran terjadi di dalam bumi. Api dahsyat pun terjadi bertahun-tahun memunculkan asap pekat berbahaya yang menyelimuti berbagai bangunan di atasnya. Sejak saat itu, kota ini menjadi kosong dan gosong.  Pada tahun 1981, pemerintah setempat akhirnya merelokasi warga Centralia ke lokasi lebih aman dengan biaya US$ 42 juta.


4. Maunsell Sea Forts, Inggris 

 
Lokasi ini berupa benteng laut milik Inggris yang dioperasikan Royal Navy sebagai tameng anti serangan udara Jerman selama Perang Dunia II. Dibangun pada tahun 1942, benteng laut ini  memiliki fondasi di kedalaman air kurang lebih30,48 meter. Setiap benteng terdiri dari tujuh struktur dan dapat diakses dari pintu masuk di dasar platform. Meskipun bagian ini tangga masih terlihat hari ini, namun kondisinya sudah rapuh dan membahayakan. Pada tahun 1955, diputuskan bahwa benteng-benteng tidak lagi diperlukan dan dinonaktifkan. Tapi benteng ini kemudian banyak dipakai stasiun radio para bajak laut selama tahun 60 dan 70-an, ketika penyiaran ilegal tak berizin merajalela.


5. Beelitz-Heilstatten, Jerman 

 
Kota hantu di Jerman ini mulai menarik perhatian turis sejak tahun 2000. Ini ada kota tempat berdirinya komplek rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1800-an, sekaligus tempat dirawatnya Adolf Hitler saat terkena cedera kaki selama Perang Dunia I. Dalam perang Dunia II, rumah sakit militer di kota ini dioperasikan oleh Rusia hingga tahun 1995. Selepas tahun itu, kota ini ditinggalkan dan kini menjadi lokasi berbagai film termasuk film The Pianist.

sumber: http://madiunkingdom.blogspot.com/