4 benda tersisa dari tubuh Muhammad SAW

Diposkan oleh riki jawak on July 11, 2013

Nabi Muhammad SAW, nabi terakhir dalam Islam menjadi panutan bagi umat muslim sejagat sebab akhlaknya yang mulia.

 Nabi Muhammad SAW juga menjadi tokoh paling penting dalam sejarah manusia namun tak satu pun mengetahui wajahnya. Ini lantaran dia terlindungi dari pengkultusan dan persekutuan pada Tuhan jika pengikutnya mengenal rupa Nabi Muhammad SAW.

Meski semua orang di muka bumi tak tahu wajah Rasulullah tapi peninggalan anggota tubuhnya masih ada hingga kini. Nabi Muhammad SAW lahir pada abad 570 Masehi, wafat 8 Juni 632 Masehi.

Hingga kini beberapa bagian pada tubuhnya tersimpan rapi di Museum Topkapi di Ibu Kota Istanbul, Turki.
Apa saja yang masih tersisa dari tubuh Nabi Muhammad SAW ? Dilansir dari majalah TIME, berikut ulasannya.

1. Janggut Nabi Muhammad SAW
Janggut ini disebut-sebut dicukur langsung dari dagu nabi oleh tukang cukur pribadinya bernama Salman. Dia juga menjadi tukang cukur langganan sahabat Nabi Muhammad SAW lainnya seperti Abu Bakar as-Sidik dan Ali bin Abi Thalib.
Janggut ini punya nama yakni Sakali Serif. Benda itu kini disimpan dalam sebuah kotak kaca di Museum Topkapi, Turki.

2. Cetakan telapak kaki Nabi Muhammad SAW
Kemana saja Rasulullah melangkah jejak kakinya tertinggal beberapa senti di atas tanah, pasir, mau pun rerumputan.
Beberapa jejak diklaim punya nabi berada di pelbagai tempat di Timur Tengah. Mulai dari masjid, hingga museum. Namun paling teruji keasliannya yakni berada di museum Topkapi, Turki.

3. Gigi Nabi Muhammad SAW
Dalam sejarah Islam Rasulullah kehilangan empat giginya saat perang Uhud. Di perang ini pasukan nabi menelan kekalahan walau jumlahnya lebih besar dari pihak lawan namun lantaran banyak strategi Nabi Muhammad SAW tidak didengarkan bala tentaranya, akhirnya mereka banyak yang tertawan.
Dari empat gigi yang hilang hanya dua berhasil di temukan di bukit Uhud, Madinah, Arab Saudi. Salah satunya ada di museum Topkapi, Turki.

4. Helai rambut Nabi Muhammad SAW
Dikatakan dalam kesaksian para sahabat, rambut Rasulullah panjang sebahu dan tebal serta sering jatuh alias rontok. Rambut rontok ini sering dipunguti para sahabatnya dan disimpan.
Beberapa helai rambut perlahan memutih milik Nabi Muhammad SAW ada di sebuah kotak kaca di museum Topkapi, Turki. Banyak orang mengatakan helai rambut Rasulullah termasuk tebal dan halus.

sumber:http://posterkini.blogspot.com/2013/07/4-benda-tersisa-dari-tubuh-muhammad-saw.html

Share On:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Blog ini Dofollow silahkan koment sesuka hati tapi jangan nyepam ya :D