Nokia 3310 Ternyata Lebih Baik Ketimbang Samsung Galaxy S4

Diposkan oleh riki jawak on June 29, 2013

Seperti yang sudah banyak diberitakan, Samsung Galaxy S4 kini telah menjadi smartphone paling laris di dunia, bahkan mengalahkan iPhone besutan Apple. Namun tahukah Anda bahwa ternyata di beberapa sisi, Samsung Galaxy S4 masih kalah dengan ponsel jadul, Nokia 3310.
Seperti yang dilansir Phone Arena (24/6), Nokia 3310 memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy S4. Berikut ulasannya:
1. Perbaikan
Nokia 3310 merupakan perangkat sederhana yang terbuat dari plastik, sehingga apabila mengalami rusak atau keretakan pada bagian casing, dapat diganti dengan mudah. Sedangkan galaxy S4 memerlukan waktu, keterampilan, dan yang paling penting akan menghabiskan cukup banyak biaya untuk hal tersebut.
2. Daya tahan
Nokia 3310 dibangun untuk bertahan. Jika sama-sama dijatuhkan dalam ketinggian yang sama, maka jarang sekali ditemui layar 3310 pecah berantakan hingga rusak parah. Sedangkan Galaxy S4 mungkin akan mengalami kerusakan serius dengan bentuk goresan, bahkan retak dan pecah.
3. Baterai
Anda tidak perlu men-charge baterai Nokia 3310 setiap saat, karena ketahanan ponsel jadul ini sangat teruji. Sehingga setiap Anda memerlukannya mendadak untuk panggilan, ponsel ini selalu siap. Berbeda dengan Galaxy S4 yang harus diisi hampir setiap sehari sekali. Sangat menyusahkan.
4. Harga
Harga untuk Galaxy S4 per unitnya, Anda harus rela mengeluarkan uang senilai USD 630 dolar atau sekitar Rp 6,25 juta tanpa subsidi operator. Namun untuk Nokia 3310, Anda hanya perlu merogoh kocek senilai USD 20 dolar, atau setara dengan Rp 198 ribu, bahkan akan lebih murah daripada itu.
5. Layar
Layar Super AMOLED yang disematkan pada Galaxy S4 memang canggih dan menakjubkan, namun jika harus berhadapan dengan matahari secara lurus, bagaimanapun juga tidak akan terlihat. Berbeda dengan layar LCD monocrome milik Nokia 3310, meski harus berhadapan lurus dengan matahari, konten dalam ponsel tersebut masih bisa terlihat.
6. Kualitas suara
Mungkin saja Anda mengakui bahwa loudspeaker pada Galaxy S4 cukup keras, sehingga Anda dengan mudah untuk mendengar saat berdering. Akan tetapi nada dering monophonic pada Nokia 3310 terdiri dari gelombang suara square sederhana, kenyaringan suara tersebut dapat di dengar meski dari jarak yang jauh.
7. Komposer suara
Ini yang paling dijagokan. Nokia 3310 memiliki built-in yang memungkinkan Anda membuat lagu Anda sendiri dan mengaturnya sebagai ringtone atau nada dering pada ponsel Anda pada saat ada panggilan masuk. Sedangkan Galaxy S4 tidak memiliki fitur tersebut.
8. Game
Nokia 3310 memiliki game yang terinstal secara otomatis saat Anda membeli baru, yaitu Space Impact, Bantumi, Snake II, dan Pairs II. Sedangkan jika Anda membeli Samsung Galaxy S4, Anda tidak akan mendapat game yang tersedia secara otomatis dari perangkat tersebut.
9. Panggilan darurat
Keunggulan Nokia 3310 yang lain adalah Anda dapat melakukan panggilan darurat ke 911 atau 112 jika dalam keadaan terdesak atau berbahaya meski ponsel dalam keadaan terkunci. Artinya, tanpa membuka kunci pengaman, Anda sudah dapat melakukan panggilan darurat.
Lain halnya dengan Samsung Galaxy S4. Jika dalam keadaan terkunci, maka Anda harus membuka kunci, lalu membuka aplikasi telepon, membuka tombol layar, kemudian baru mengetik nomor darurat. Itu terlalu lama, bahkan lebih dari 10 detik. Bayangkan jika Anda dalam kondisi terdesak.
10. Pencurian
Keunggulan Nokia 3310 yang terakhir adalah minim dari kemungkinan pencurian, ketimbang Samsung Galaxy S4. Jika Anda kehilangan perangkat Galaxy S4, mungkin Anda akan depresi, frustasi, hingga tidak doyan makan sampai beberapa hari. Namun apabila Nokia 3310 yang hilang dicuri, tingkat depresi atau frustasi Anda tidak akan setinggi ketika Anda kehilangan Galaxy S4 (test).

sumber:http://www.mindtalk.com/ch/CoffeeBreak#!/post/51c9cb41f7b730628c001401