Benarkah Terowongan Di China Ini Dapat Memutar Waktu?

Diposkan oleh riki jawak on June 6, 2013


Unic29 - Terowongan china
Unic29.com - Sebuah terowongan di Guizhou, China, menarik perhatian publik dan netizen dengan keanehannya. Terowongan tersebut diklaim mampu memutar waktu sehingga siapapun yang melaluinya akan keluar lebih lambat satu jam.
Dilansir wowkeren, Menurut laporan NDTV, fenomena tersebut bisa dibuktikan oleh jam di ponsel milik para pengendara yang melintasi terowongan. Saat pengendara mobil melintas masuk ke dalam terowongan sejauh 400 m itu maka ketika keluar akan mundur sejam. Jadi saat pengendara masuk pukul 4:35 maka ketika keluar jam menunjukkan angka 3:35.
Namun efek waktu mundur satu jam itu tidak permanen. Ketika pengendara semakin menjauh dari terowongan maka jamnya akan kembali ke posisi yang benar. Tak heran, penduduk lokal menyebut terowongan itu sebagai “time tunnel”.
Ada beberapa mitos berbau mistis dan teori perjalanan waktu yang beredar, namun sejumlah orang juga memiliki penjelasan teknis fenomena ini. Mereka menduga berputarnya jam berhubungan dengan sinyal pemancar di dekat kawasan tersebut. Gangguan sinyal yang dituding menyebabkan jam salah merekam waktu.
Berapa orang mengasumsikan terowongan tersebut menghalangi kiriman sinyal dari pemancar terdekat. Alhasil ketika pengendara keluar terowongan baru ada sinyal yang masuk dan membuat jam di ponselnya reset ulang dengan data salah. Tak heran ketika pengendara menjauhi terowongan maka jamnya kembali normal.

sumber:
http://www.unic29.com/30264/benarkah-terowongan-di-china-ini-dapat-memutar-waktu/