Bayi Ini Lahir Dengan Kondisi Terbungkus Air Ketuban

Diposkan oleh Riki handoyo on June 11, 2013

Unic29 - Bayi Lahir Aneh
Unic29.com - Seperti diketahui kantung ketuban akan pecah jika bayi dilahirkan. Namun kondisi berbeda dialami bayi ini dengan terlahir masih terbungkus gelembung katuban.
Dilasnir infospesial, Kasus tersebut terjadi di Yunani, bayi yang lahir seacara caesar ini diangkat dalam kondisi masih terbungkus gelembung ketuban. Kelahiran seperti ini disebut en caul atau terselubung.
Adalah Dr Aris Tsigris, dokter kandungan yang mampu melakukan proses en caul. Kelahiran seperti ini amat jarang dijumpai dan lebih sering ditemui pada bayi yang dilahirkan prematur.
Kelebihan kelahiran en caul ini adalah membantu melindungi bayi prematur yang masih rapuh dari tekanan di dalam rahim.
Walau dilahirkan dalam gelembung berisi cairan, keselamatan bayi tak akan terancam karena sejak dalam kandungan bayi juga mengalami hal yang sama.
Namun setelah bayi diangkat beserta gelembung ketubannya, dokter akan segera memecahkan gelembung tersebut lewat teknik bedah sederhana yang disebut amniotomi, yaitu mengait membran kantung agar terbuka.
Oleh dr Tsigiris, foto bayi tersebut diunggah ke facebook dan mendapat lebih dari 10.000 like dalam waktu 24 jam. Sampai bulan Juni ini, foto tersebut sudah di-share hingga lebih dari 8.000 kali dan mendapat hampir 800 komentar.

sumber:http://www.unic29.com/30461/bayi-ini-lahir-dengan-kondisi-terbungkus-air-ketuban/