APaa,. Star*buck Hongk*ong Pakai Air Keran ?!

Diposkan oleh riki jawak on June 9, 2013

Nama besar sebuah perusahaan biasanya menjamin kualitas produknya, termasuk pula mutu bahan bakunya. Namun, hal ini perlu dipertanyakan kepada salah satu gerai Starbucks di Hong Kong. Pasalnya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi berasal dari toilet umum!

Selasa (28/05/13), China News 360 menggunggah sebuah video yang mengejutkan masyarakat Hong Kong dan dunia. Terlihat bahwa karyawan Starbucks cabang Bank of China Tower mendorong tangki air besar ke sebuah toilet umum. Letaknya di tempat parkir, 70 meter dari kedai kopi tersebut.

Tampak sebuah keran bertanda 'Starbucks only' dalam toilet yang agak kotor itu. Letaknya hanya 1,5 meter dari urinal alias tempat kencing pria. Yang menjijikkan, karyawan tadi mengisi penuh tangki dari keran tersebut lalu kembali ke Starbucks. Ya, air ini dipakai untuk menyeduh kopi pesanan para pelanggannya!

http://images.detik.com/content/2013/06/01/297/starbuckskopiseduhdalam.jpg

Pihak Starbucks tak menyangkal temuan ini. Menurut berita yang dilansir Rocket News 24 (31/05/13), mereka memang melakukannya karena kebutuhan. Pasalnya, gerai Starbucks Bank of China Tower tak memiliki keran atau sumber air lain. Jadi, selama dua tahun beroperasi, semua air yang digunakan untuk menyeduh kopi berasal dari WC umum tersebut!

"Air keran dari kamar mandi itu aman diminum. Tangki yang digunakan untuk membawa air disucihamakan secara rutin. Selain itu, cabang kami dilengkapi sistem penyaringan canggih yang dilewati air sebelum dipakai untuk menyeduh minuman kami," jelas juru bicara Starbucks.

Bagaimanapun juga, pemerintah setempat tak sependapat. Mereka mengatakan bahwa cara dan sumber pengadaan air Starbucks bertentangan dengan aturan, dan oleh karenanya harus segera dibetulkan.

Ketua asosiasi food and beverage Hong Kongpun melayangkan teguran ke Starbucks. "Sesering apapun dibersihkan, selalu ada sejumlah bakteri di kamar kecil. Jadi, menyajikan minuman atau makanan yang terbuat dari air tersebut kepada pelanggan tak dapat diterima," katanya.

Tentu, masyarakat sekitar terkejut dengan temuan ini. "Saya tak menyangka hal ini terjadi di Hong Kong, apalagi di Starbucks," ujar salah satu warga Hong Kong. Meski demikian, sampai saat ini ini belum ada laporan terkait gangguan kesehatan yang dialami setelah meminum kopi dari cabang Starbucks tersebut.

Menanggapi berbagai protes, Starbucks Hong Kongpun mengambil langkah perubahan. Mereka mengumumkan bahwa cabang Bank of China Tower akan menggunakan air minum galon untuk menyeduh minumannya.


sumber:http://iniunic.blogspot.com/2013/06/apaa-starbuck-hongkong-pakai-air-keran.html