9 Rahasia Tubuh Langsing Wanita Jepang

Diposkan oleh riki jawak on June 16, 2013





Di Jepang, akan sangat sulit menemukan orang bertubuh gemuk. Hampir semua warga Jepang memiliki berat badan ideal. Wanita-wanita Jepang juga dikenal memiliki tubuh langsing alami, bahkan setelah mereka memiliki beberapa anak. Apa sih rahasia tubuh langsing alami mereka?

Dalam kegiatan sehari-hari, kehidupan wanita Jepang hampir sama seperti di Indonesia. Wanita muda ada yang sibuk kuliah, bekerja dan sebagainya. Sementara untuk ibu rumah tangga, mereka memiliki kegiatan yang hampir mirip dengan ibu rumah tangga di Indonesia, antara lain mengurus suami, anak, rumah, masak, mengantar anak sekolah dan sebagainya.

Mirip kan? Lalu apa yang membuat wanita-wanita Jepang selalu langsing di sepanjang usia mereka? mari kita intip rahasia tubuh langsing mereka;

1. Jarang Makan Gorengan

Berbeda dengan kebiasaan masak di Indonesia yang selalu menghadirkan gorengan, ayam goreng, ikan goreng, tempe goreng, singkong goreng, martabak, pastel dan segala makanan goreng, warga Jepang jarang mengonsumsi makanan gorengan. Mereka lebih suka makanan rebus, makanan berkuah dan tumis yang hanya memakai sedikit minyak.

Inilah salah satu rahasia tubuh langsing para wanita di jepang, mereka jarang memakan makanan dengan proses goreng sangat tinggi kalori. Semakin tinggi kalori, semakin cepat penambahan berat badan seseorang. Begitu juga sebaliknya, makanan yang direbus jauh lebih sehat dan memiliki sedikit kalori.

2. Selalu Sarapan Sehat

Sejak kecil, warga Jepang sudah dibiasakan untuk sarapan. Mereka akan memasak sendiri berbagai menu sarapan sebelum beraktivitas. Kebiasaan sarapan dengan menu yang sehat membuat tubuh tidak mudah lapar. Banyak penelitian melaporkan bahwa mereka yang rajin sarapan lebih mudah mengontrol keinginan untuk makan berlebih pada siang dan malam hari. Sarapan sehat, berat badan terkontrol.

3. Tidak Malu Bawa Bekal Makan

Rahasia tubuh langsing wanita di jepang mungkin dipengaruhi budaya, salah satunya membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Ada beberapa sekolah yang menyediakan menu makan siang dari sekolah, ada juga yang membiasakan anak-anak membawa bekal dari rumah. Kebiasaan ini membuat warga Jepang tidak malu membawa bekal yang dimasak sendiri di rumah.

Bahkan setelah mereka dewasa, kuliah dan bekerja, kebiasaan ini tetap terjaga. Selain lebih menghemat pengeluaran, membawa bekal sendiri membuat tubuh lebih sehat karena bahan yang dipakai dan proses memasak terjamin. Selain itu, menghindari keinginan ngemil ini itu yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh dan hanya menambah berat badan.

4. Camilan Rendah Kalori

Rahasia Tubuh Langsing wanita di jepang juga dipengaruhi oleh kebiasaan mereka.Wanita Jepang lebih suka mengonsumsi daikon atau lobak putih, kombu yang dicampur dalam sop, konnyaku atau jelly, shirataki mirip bihun tetapi sangat rendah kalori, kanten sejenis makanan yang terbuat dari rumput laut dan tentunya jamur shiitake.

Semua makanan itu sangat rendah kalori dan dimasak dengan cara rebus, kukus atau apapun yang tidak menggunakan proses menggoreng.

5. Porsi Nasi Terukur

Warga Jepang juga suka makan nasi sebagai makanan pokok mereka. Tetapi lihatlah perbedaannya. Warga Jepang selalu memasukkan nasi dalam mangkuk kecil, jumlah ini lebih memudahkan mereka mengukur nasi yang masuk. Mereka juga meletakkan lauk dalam mangkuk atau cawan kecil. Porsi nasi mereka lebih sedikit dibanding lauk dan sayur. Apa tidak lapar? Jumlah serat dalam sayur yang mereka konsumsi cukup untuk membuat kenyang.

Berbeda dengan warga Indonesia yang menggunakan piring untuk makan. Nasi, lauk, sayur, semua ditumpuk dalam satu piring. Agak sulit mengukur sudah berapa banyak nasi yang dikonsumsi dan berapa banyak lauk yang masuk setiap kali makan.

6. Sering Makan Ikan dan Produk Laut

Rahasia tubuh langsing wanita jepang selanjutnya mungkin adalah kegemaran orang jepang memakan makanan produk laut dan ikan.Sudah jadi rahasia umum bahwa warga Jepang lebih memilih ikan dan hasil laut ketimbang makanan ternak (ayam, sapi, kambing dan sebagainya). Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam beberapa metode diet, diet tinggi kalori dipercaya dapat membakar lemak lebih cepat dan aman bagi tubuh dibanding jika seseorang mengonsumsi makanan ternak.

Ikan dan berbagai produk laut memiliki kalori dan lemak yang sangat sedikit. Kebiasaan warga Jepang yang mengolah ikan dengan cara rebus, kukus atau menggoreng hanya dengan sedikit minyak akan menjaga kandungan protein sekaligus tidak mengandung banyak kalori.

7. Banyak Konsumsi Produk Kedelai dan Tahu

Selain senang mengonsumsi makanan yang berasal dari laut, wanita Jepang sangat suka mengonsumsi makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu adalah makanan kesukaan mereka. Sama seperti di Indonesia, sangat mudah menemukan berbagai jenis makanan yang terbuat dari tahu.

8. Tidak Suka Makan Fast Food Barat

Seperti yang sudah ditulis pada halaman sebelumnya, warga Jepang suka sayur dan buah yang membuat menu makan mereka penuh warna. Sehingga.. mereka tidak terlalu suka dengan fast food ala negara barat dengan warna monoton dan itu-itu saja. Kesukaan warga Jepang pada makanan berwarna-warni alami akan berlangsung hingga mereka tua. Pilihan makanan mereka tetap beragam dan penuh warna.

9. Suka Makan Buah dan Sayur

Sayur selalu menjadi menu makanan sehari-hari. Selalu ada sayur di setiap menu makanan masyarakat Jepang, bahkan bila sayur atau buah itu dijadikan sebagai penghias bekal makan siang mereka, mereka tetap memakannya. Selain itu, mereka juga suka mengonsumsi buah. Saat musim dingin, mereka suka mengonsumsi jeruk segar ketimbang makan camilan berkalori tinggi untuk menghangatkan badan.
sumber:
http://www.jurukunci.net/2013/06/9-rahasia-tubuh-langsing-wanita-jepang.html