10 Hal Yang Tidak Diketahui Dunia Barat Soal Puasa

Diposkan oleh riki jawak on June 4, 2013


WASHINGTON - Tidak semua masyarakat barat paham soal ibadah puasa di kalangan Muslim. Berikut 10 daftar hal yang tidak diketahui oleh dunia Barat soal ibadah puasa di bulan Ramadhan, seperti dilansir dari time.com, Selasa (2/8).

1. Tidak Merokok dan berhubungan badan

Ibadah puasa bagi setiap Muslim tidak sebatas menahan lapar dan haus tetapi juga kebiasaan lain seperti merokok atau berhubungan suami istri. Hal lain yang tidak diketahui, selama Ramadhan, jalan-jalan kota besar di dunia Islam akan diisi penuh makanan dan kebahagiaan hingga larut Malam.

2. Kurma

Tradisi berbuka antar negara Islam berbeda satu dengan yang lain. Namun, Nabi Muhammad SAW memberikan teladan dengan menyarankan berbuka dengan air tawar, roti, dan kurma. Dengan demikian, kurma telah identik dengan Ramadhan.

Berbicara kurma, ada kisah menarik yang tidak diketahui dunia Barat. Ada sebuah kebiasaan, bagi masyarakat Timur Tengah, memberi nama kurma dengan nama yang mudah diingat. Tahun 2009 lalu, pedagang Lebanon menjual kurma dengan nama Hassan Nasrallah sebagai daya tarik. Hassan Nasrallah, merupakan pemimpin Hizbullah yang dibunuh Israel. Tahun 2009, pedagang kurma Mesir menyebut kurma dengan "Obama." atau "Tahrir Square".

3. Nama Ramadhan

Nama Ramadhan merupakan favorit orang tua dari keluarga Muslim. Tak heran, ada banyak ribuan nama Ramadhan, bahkan merupakan yang populer di dunia Islam pada tahun 1990-an.Bahkan popularitas nama Ramadhan naik semenjak tahun 2005. Berbeda dengan Nasrani, yang jarang mengabadikan perayaan Paskah sebagai nama anak-anak mereka.

4. Pengecualian Puasa

Meski bersifat wajib, ada pengecualian menurut Alquran seperti orang yang sakit, lanjut usia, bepergian, hamil atau menyusui, serta anak-anak di bawah usia pubertas.Selain itu, ada pengecualian lain seperti pendarahan menstruasi atau pasca-melahirkan, muntah yang disengaja dan, tentu saja, melanggar aturan puasa dengan makan atau minum.

5. Puasa Sunni dan Syiah

Setelah berpuasa sehari penuh, Muslim Sunni akan berbuka puasa setelah azan Magrib berkumandang. Sementara, Syiah menunggu lebih lama, percaya bahwa puasa mereka sempurna apabila berbuka ketika cahaya matahari telah lenyap di balik cakrawala.


6. Tanggal 1 Ramadhan Selalu Berubah

Penentuan 1 Ramadhan didasarkan pada kalender lunar, yang diawali dengan melihat kedatangan bulan baru atau hilal. Sementara jumlah hari dari kelendar bulan dan Matahari berbeda 11 hari. Lantaran itu, bila kalender bulan dikonversi menjadi kalender matahari, maka penentuan satu Ramadhan tidak akan sama setiap tahunnya.

7. Rating Tinggi

Ramadan adalah sumber pemasukan iklan bagi televisi.Dengan hanya memproduksi satu acara, jutaan dollar dari iklan akan masuk. Menurut sebuah surat kabar Saudi, Alriyadh, produksi acara turun 35 persen akibat pergolakan Timur Tengah.

8. Puasa Selain Ramadhan

Ibadah puasa tidak hanya dikenal dalam ajaran Islam. Dalam kepercayaan Yahudi dan Nasrani juga dikenal ibadah puasa. Yang membedakan ibadah puasa diantara agama samawi adalah teknis.

9. diet

Puasa merupakan pola diet yang sempurna. Namun, kesempurnaan diet itu tergantung dari aktivitas Muslim. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk minum air putih, makan makanan penuh buah-buahan, sayuran dan protein, dan bangun setiap pagi untuk makan sahur, yang terjadi sebelum matahari terbit.

10. Perbanyak Amal

Ibadah puasa merupakan momentum untuk memperbanyak amalan sosial. Sudah menjadi tradisi setiap Muslim untuk memberikan makanan berbuka kepada mereka yang tidak mampu. disamping itu, setiap Muslim juga memberikan kebutuhan dasar seperti gula, minyak, beras, dan teh sebelum hari pertama Ramadhan[kumpulberita.com]
sumber:http://meng-hayal.blogspot.com/2011/08/10-hal-yang-tidak-diketahui-dunia-barat.html